Loading

Blank Screen Pada Layar Windows

Apakah anda mengalami blank screen pada saat akan masuk pada windows screen? jika pernah mudah-mudahan artikel ini dapat membantu anda. Artikel ini RF4Bi sadur dari http://support.microsoft.com/contactus/ .


ada 2 sebab utama yang umumnya menjadi penyebab blank screen pada saat akan masuk ke layar windows.

1. lupa untuk mengeluarkan/melepaskan drive eksternal seperti CD, DVD, FLoppy Disc, atau Flash disc dari komputer, sehingga pada saat menyalakan kembali komputer akan mereboot menggunakan drive tersebut.

2. Blank screen bisa juga disebabkan adanya data yang corupt pada Master boot record, partition tables, boot sector, NTLDR file. saya akan membahas lebih lanjut tentang penyebab adanya data corupt pada element windows yang telah disebutkan, pada artikel-artikel selanjutnya.

ok, kita lanjutkan kembali...

Untuk masalah pertama, pemecahannya cukup sederhana, anda tinggal mengeluarkan/melepaskan saja CD/DD/Flash disc/Floppy Disc yang masih tertinggal pada drive-drive di komputer anda.

Untuk masalah yang kedua, anda harus memiliki CD-ROM Windows XP yang anda gunakan pada komputer tersebut. Jika anda tidak memilikinya, anda harus meminta bantuan pada teknisi komputer yang kompeten.

ok, saya anggap anda memiliki CD-ROM windows XP yang saya maksud diatas, selanjutnya kita ke tahap berikutnya.

Langkah Pertama: memecahkan masalah pada unsur tertentu yang menyebabkan windows gagal load.
  1. Reboot komputer anda dan coba masuk pada safe mode. untuk masuk safe mode tekan F8 pada saat komputer melakukan reboot. pada safe mode, buatlah CD booting untuk Windows XP (cara membuat CD Booting Windows XP). Jika Anda dapat menjalankan komputer dari disk boot tanpa menerima pesan kesalahan, itu berarti kerusakan terbatas pada master boot record, boot sector, atau file NTLDR. Setelah Windows XP berjalan, segera cadangan semua data sebelum Anda mencoba untuk memperbaiki sektor boot. Gunakan Disk Management untuk melihat informasi partisi dan untuk memverifikasi bahwa partisi disk sudah benar. Untuk menggunakan Disk Management, ikuti langkah berikut: a) klik start klik kanan pada my computer dan kemudian klik Manage; b) Expand Storage, kemudian klik kiri Disk Management. Jika terdapat invalid partition atau Anda tidak dapat memulai komputer Anda menggunakan disk boot, pertimbangkan untuk menginstal ulang Windows XP pada komputer Anda dan jangan lupa untuk melakukan backup data terlebih dahulu.
  2. Jalankan program virus scanning untuk memastikan bahwa tidak ada virus yang terdapat pada komputer anda.
  3. Adakan perbaikan pada master boot record dengan menggunakan perintah FIXMBR dari Windows XP recovery console (cara menginstal dan menggunakan recovery console).
  4. Jika partisi boot adalah partisi primer FAT, gunakan perintah fixboot dari recovery console Windows XP untuk menulis boot sector baru dipartition system, dan kemudian gunakan perintah fixmbr untuk memperbaiki master boot record.
Langkah Kedua : memperbaiki instalasi windows anda.
Catatan : Perbaikan instalasi Windows Anda dapat mengubah konfigurasi Windows. Anda juga perlu mengikuti langkah ini jika Anda telah menyelesaikan semua langkah pemecahan masalah pada pilihan 1 namun masalahnya tidak terselesaikan.
  1. Gunakan CD-ROM Windows pada saat memulai komputer anda. pada layar Welcome to Setup screen, tekan ENTER untuk setingan Windows XP.
  2. Tekan F8 untuk mengkonfirmasi Windows license
  3. Gunakan tombol PANAH untuk memilih instalasi Windows XP yang ingin diperbaiki, kemudian tekan R.
  4. Jalankan langkah berikut yang terlihat pada layar windows. Anda harus memiliki produk 25-karakter kunci untuk menyelesaikan langkah ini.
Mudah-mudahan artikel ini dapat berguna bagi kita semua....



StumbleDeliciousTechnoratiTwitterFacebookReddit

0 comments:

There was an error in this gadget

TOP ARTIKEL

TOP KOMENTATOR

Guest Room