Loading

Mobil Irit Buatan ITB Seribu Kilometer Seliter

Mobil Irit Buatan ITB Seribu Kilometer Seliter

Umum / Selasa, 27 April 2010 11:35 WIB

Metrotvnews.com, Bandung: Mahasiswa Institut Teknologi Bandung (ITB) menciptakan tiga mobil hybrid hemat energi. Mobil ini cukup mampu menekan emisi gas buang dan tidak memerlukan biaya perawatan yang mahal. Yang lebih penting lagi, mobil ini paling hemat energi. Untuk menempuh jarak 1.000 kilometer hanya diperlukan 1 liter bahan bakar.

Mobil bernama Hybrid Cikal, Rajawali dan Hybrid Heave ini berkonsep futuristik. Mobil dikerjakan mahasiswa ITB dari berbagai disiplin ilmu. Mereka dari teknik mesin, aeoronotika, astronotka serta teknik material dari fakultas teknik dan dirgantara.

Untuk mobil Hybrid Cikal dan Rajawali menggunakan bahan carbon fiber dengan sasis terbuat dari alumunium, sehingga bobotnya sangat ringan sekitar 50 kilogram sampai 120 kilogram. Untuk bahan bakar menggunakan bahan bakar jenis gasolie 95 dan diklaim dengan mengkonsumsi satu liter saja dapat menempuh jarak sejauh 1000 kilometer. Kecepatan maksimal 40 kilometer per jam.

Mobil jenis Hybride Cikal memiliki dua kursi. Sedangkan untuk jenis Hybride Rajawali hanya cukup untuk satu orang. Posisi untuk mengemudi harus terbaring. Untuk mobil hybrid lainnya Heave yang menggunakan ethanol sebagai bahan bakar penggerak mesinnya juga memiliki kemampuan yang nyaris serupa dengan kedua mobil sebelumnya. Namun, untuk bahan bodinya menggunakan campuran serat bambu.

Pencipta mobil Hybrid Heave, Sri Sulastri mengaku selain dikenal ramah lingkungan, penggunaan bahan bakar ethanol pada mobil hybrid juga guna mensiasati krisis energi dunia saat ini. Meski belum sepenuhnya sempurna dan dapat diciptakan secara massal, ketiga mobil hybrid ini berjaln lancar dalam tes yang dilakukan di sekitar kampus.

Setelah melalui proses pengujian faktor keselamatan, rencananya ketiga mobil hybrid ini akan diturutsertakan dalam kompetisi mobil eco marathon di Sepang, Malaysia, Juli mendatang.Roni Halim/BEY)



Ps. Admin Myblog-BlogPemula :

" Alhamdulillah, ditengah kisruh persoalan politik dan sosial di Bangsa ini, masih ada anak-anak Negeri ini yang menghasilkan karya yang bahkan bisa di bawa ke tingkat Internasional. MAJU TERUS ANAK BANGSA, KALIANLAH HARAPAN BANGSA INDONESIA DIMASA DEPAN"

StumbleDeliciousTechnoratiTwitterFacebookReddit

0 comments:

There was an error in this gadget

TOP ARTIKEL

TOP KOMENTATOR

Guest Room