Loading

Konsep Pengembangan Diri.

Sebelum kita masuk pada konsep pengembangan diri, kita perlu mengetahui terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan pengembangan diri serta tujuan pengembangan diri.

Pengertian.

“Pengembangan diri adalah upaya untuk memperbaiki diri kearah yang lebih baik yang dilakukan oleh suatu individu mendapatkan hasil yang terbaik bagi dirinya dimana perubahan yang terjadi dapat meningkatkan/mempengaruhi hubungan individu tersebut baik dengan individu-individu lainnya maupun dengan lingkungan sekitar dimana dia berada”.

Tujuan Pengembangan Diri.

1. Menjadi Pribadi yang lebih baik; baik dalam bersikap, berbicara, maupun bersosialisasi

2. Sebagai langkah awal membentuk pribadi yang sukses baik secara materi, wawasan, dan Intelektual.

3. Membentuk Pribadi yang mandiri.

Konsep Pengembangan Diri

Konsep dasar pengembangan diri yaitu Mengidentifikasi diri kita. Mengidentifikasi diri dapat dilakukan dengan metode Analisis S.W.O.T (Strenght, Weakness, Opportunity, Threatness), Analisis SWOT merupakan identifikasi berbagai faktor internal dan faktor eksternal yang mempengaruhi potensi diri, setelah menetapkan SWOT yang kita miliki, kita dapat melakukan analisis dan menetapkan langkah terbaik yang sesuai dengan karakter yang kita miliki. Berikut adalah definisi SWOT yang saya jelaskan secara singkat :

· Strenght

Sumberdaya, keahlian atau keunggulan.

· Weakness

Keterbatasan atau kekurangan dalam diri kita, kebiasaan buruk yang mempengaruhi kehidupan kita, dan kemampuan yang mengganggu kreatifitas kita.

· Opportunity

Kesempatan-Kesempatan baik yang masih terbuka untuk anda segera Jalani.

· Threatness

Tantangan yang anda harus hadapi untuk mencapai cita-cita atau posisi yang anda inginkan.

Buatlah suatu Tabel berisi tentang SWOT yang anda miliki. Isilah table tersebut secara jujur, kalau perlu mintalah orang lain untuk menilai anda, dan minta penilaian yang sejujur-jujurnya dari mereka. Data SWOT ini sangat penting dan digunakan sebagai Indikator sejauh mana anda berhasil mengembangkan diri anda.

Letakkan lah Tabel data SWOT anda ditempat yang anda setiap saat dapat membacanya. Sehingga setiap anda bangun di pagi hari anda dapat segera membacanya dan mengingat apa yang menjadi Strenght anda, Kelemahan Anda, Kesempatan yang anda miliki untuk sukses, tantangan yang ada untuk mencapai sukses itu.

Setelah SWOT itu telah selesai, adalah membuat program untuk Menambah Strength, Mengurangi Weakness, Mencoba Kesempatan yang masih terbuka untuk anda, Mencari cara positif untuk menaklukkan tantangan yang akan menghadang anda.

Akan lebih baik jika anda menentukan skala prioritas, mana yang akan anda dahulukan. Namun saran saya adalah mengurangi bahkan jika bisa menghilangkan Kelemahan anda. Buatlah program untuk 15 hari kedepan bagaimana cara untuk mengurangi kelemahan anda. Contoh jika kelemahan anda adalah sering membuat janji tapi tidak bisa menepati janji tersebut, maka cobalah untuk tidak berjanji jika anda tidak merasa sanggup menepatinya, dan tepatilah janji yang telah anda buat. Coretlah setiap ada kelemahan anda yang berhasil anda hilangkan.

Untuk seterusnya cobalah anda mencari apa program yang terbaik untuk anda jalankan selanjutnya.

Sekian dari saya Rezki Fajriansyah,



Kita Untuk Sukses.

“ sebuah Kesuksesan, bagaimanapun kecilnya kesuksesan tersebut, tetaplah sebuah kesuksesan, jangan anda pernah membuang perasaan sukses itu. Karena bukan kesuksesan yang mencari anda tapi andalah yang mencari kesuksesan”

StumbleDeliciousTechnoratiTwitterFacebookReddit

0 comments:

There was an error in this gadget

TOP ARTIKEL

TOP KOMENTATOR

Guest Room